Kamis, 07 Maret 2013

Veer-Zaara





Film drama Bollywood "Veer-Zaara" adalah film terbaru yang diarahkan sutradara dan produser legendaris Yash Cophra setelah sempat beberapa tahun tidak mengarahkan film. Film produksi tahun 2004 ini menceritakan tentang Squadron Leader (setara Mayor) Veer Pratap Singh (Shah Rukh Khan) yang bertugas sebagai pilot tim penyelamat Angkatan Udara India.
Veer selalu mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan orang-orang lain yang membutuhkan pertolongannya. Pada suatu hari dalam sebuah misi, Veer menyelamatkan seorang gadis dari Pakistan yang terdampar di India. Rupanya gadis itu yang bernama Zaara (Preity Zinta) datang ke India untuk memenuhi pesan terakhir mendiang ibu angkatnya.
Namun dalam perjalananya di India, bus yang ditumpangi Zaara mengalami kecelakaan. Pada saat terdampar di negeri yang asing baginya, datanglah Veer yang menjadi penolongnya. Sejak itu, hidup Veer tidak pernah lagi sama. Veer dan Zaara saling jatuh cinta namun sebelum Veer bisa mengekspresikan cintanya, datanglah Raza (Manoj Bajpal), tunangan Zaara yang menyusul Zaara dari Pakistan. Akhirnya Zaara dan Raza pulang ke Lahore, Pakistan.
Tetapi Zaara tidak bisa melupakan Veer sehingga pelayan setia Zaara, Shabbo (Divya Dutta) merasa kasihan dan menghubungi Veer untuk memberitahukan perasaan Zaara. Veer berhenti dari AU India agar bisa datang ke Pakistan demi Zaara yang dirindukannya. Sayangnya walau bisa bertemu Zaara, pernikahan Zaara dan Raza tetap dilangsungkan. Tak terduga Veer malah ditangkap oleh polisi Pakistan dengan tuduhan sebagai mata-mata.
Duapuluh dua tahun kemudian, Saamiya Siddiqui (Rani Mukherjee), seorang pengacara Pakistan mendengar kisah Veer dan bertemunya untuk pertama kali. Tidak mudah baginya untuk membebaskan Veer yang telah mendekam di penjara Pakistan lebih 20 tahun. Apalagi kasus Veer adalah kasus pertama bagi Saamiya sebagai pengacara. Walau Veer tidak pernah berbicara kepda siapapun sejak ditahan, namun sejak bertemu Saamiya, Veer tergerak menceritakan nasib malangnya. Saamiya pun bertekad mencari keadilan bagi Veer.
Mengapa Veer membisu selama 22 tahun ? Kemanakah Zaara ? Apa yang akan terjadi selanjutnya ? Anda jangan sampai melewatka drama cinta yang begitu mengharukan dalam Mega Bollywood.

Veer Zaraa adalah sebuah film romantis India, menceritakan tentang kisah cinta dua orang yang saling mencintai namun berbeda latar belakang, dialah Veer yang diperankan oleh shahrukh khan, dan Zaraa yang diperankan oleh preity zinta.. berawal pada cinta pada pandangan pertama, saat Veer menjadi tim penyelamat korban kecelakaan bus jurusan Pakistan-hindia, menyelamatkan Zaraa yang tidak lain adalah salah satu korban kecelakaan bus. Zaraa bermaksud untuk menyebarkan abu milik neneknya yang beragama hindu di sungai nil india, sedangkan Zaraa sendiri seorang muslim berkewarganegaraan Pakistan. Zaraa adalah anak tunggal seorang pejabat yang terpandang di Pakistan, Ketika Veer menolong Zaraa untuk naik dari jurang dengan bantuan tali yang dijulurkan ke bawah, Veer tidak henti-hentinya memandang Zaraa, meskipun wajah zara tertutup oleh debu-debu yang kotor juga rambutnya yang terurai berantakan di depan wajahnya, namun wajah cantik alami Zaraa tetap tampak mempesona, saat itu jantung Veer tidak bisa berhenti berdetak keras dan berbisik dalam hati, “aku bukan tidak pernah melihat wanita yang cantik, tapi entah mengapa ketika memandangnya aku tidak bisa mengalihkan mataku untuk tetap memandangnya”, Veer telah berhasil menyelamatkan Zaraa, dan Zaraa memutuskan untuk menginap bersama orang tua Veer di suatu desa yang luas nan subur setelah Zaraa mengetahui bahwa jalan pulang menuju India masih dalam perbaikan, berhari-hari Zaraa tinggal bersama orang tua Veer, Zaraa begitu akrab dengan orang tua Veer sampai akhirnya keakraban Zaraa dengan Veer dan orang tuanya telah menumbuhkn benih-benih cinta di antara keduanya

Veer adalah seorang warga Negara India yang beragama hindu, berawal dari latar belakang mereka yang begitu banyak perbedaan inilah akhirnya cinta terlarang terjadi, terlebih status Zaraa telah bertunangan dengan putra teman ayahnya di Pakistan. Ketidak mungkinan untuk menyatukan cinta mereka berdua membuat mereka sadar bahwa pernikahan adalah hal yang mustahil, saat Zaraa kembali ke Pakistan dijemput tunangannya, Zaraa tak mampu berbuat banyak dan hanya pasrah, begitu pula Veer. Namun cinta telah begitu mengakar pada keduanya, saat pernikahan Zaraa tiba, Veer memberanikan diri membawa lari Zaraa ke India, dan,,, di bagian inilah adegan favoritku yang juga di perankan oleh actor bollywood favoritku, ibu Zaraa memohon kepada Veer untuk mengembalikan anaknya yang terlanjur hatinya direbut oleh Veer, ibu Zaraa menangis tersedu-sedu penuh penghibaan, dan akhirnya Veerpun melepaskan Zaraa, Veer mengatakan "seorang ibu tidak memohon pada anaknya, seorang ibu hanya boleh menyuruh anaknya", so sweet bukan??? :D tidak berakhir dari peristiwa itu, tunangan Zaraa pun tidak mau tinggal diam karena telah mersa harga dirinya diinjak, dia membuat fitnah dan melaporkan Veer pada polisi dengan tuduhan pengkhianatan Negara, maka Veer dipenjara, dia tidak memiliki kesempatan untuk beralibi sebab ketika proses persidangan, tunangan Zaraa memberikan pilihan “menerima tuduhan dengan pidana penjara 22 tahun dan tunangan Zaraa menikahi Zaraa atau lepas dari penjara tapi kehormatan Zaraa menjadi gantinya”, akhirnya Veer memilih untuk meringkuk di penjara selama 22 tahun..

Cinta Veer begitu dalam pada Zaraa, dia rela menjadi tahanan kasus pengkhiantan Negara demi mempertahankan harga diri Zaraa.. 22 tahun berlalu, Veer tampak begitu tua, rambut putihnya yang panjang hampir memenuhi kepala, kulitnya berkerut tidak lagi muda, tidak sekuat dulu.. sampai tuhan mengirimkan seorang pengacara wanita (ranee mukherji) yang berhasil menyelesaikan kasus Veer secara suka rela, saat persidangan kasus Veer, jantung Veer berdetak cepat kembali, seperti déjà vu, sama ketika pertama kali bertemu Zaraa.. dan ternyata dalam persidangan itu Zaraa hadir sebagai saksi, Zaraa masih tetap cantik meskipun telah menua, pengacara berhasil mengumpulkan informasi tentang Veer-Zaraa dan bukti telah menyatakan Veer bebas disertai pengembalian nama baik Veer sebagai agen penyelamat korban jiwa, Zaraa tidak jauh berbeda dengan Veer, Zaraa masih tetap seperti dahulu, dia tidak ingin menikah dengan tunangannya dan memilih untuk tinggal di rumah orang tua Veer, selama 22 tahun mereka menjaga cinta mereka, cinta mereka utuh tak dinodai, cinta yang suci, hingga sampai pertemuan dua kekasih, cinta itu tetap ada dan senantiasa membara..


1 komentar: