Kamis, 07 Maret 2013

Suka Emosi Saat Haid? Makan Brokoli Saja


Saat haid, emosi wanita cenderung tidak stabil, mudah naik dan turun walaupun hanya terpancing masalah kecil.
Alhasil, orang-orang di sekeliling protes akan ulah wanita. Tak heran jika PMS atau haid sering dianggap musuh dalam selimut oleh pria.
Tenang saja, mengatasi mood dan naik turunnya emosi saat sedang haid ada caranya. Baru-baru ini, para peneliti menganjurkan wanita banyak mengonsumsi brokoli saat sedang haid. Pasalnya, kandungan zat besi di dalam brokoli dapat membantu meningkatkan jumlah hormon serotonin.
Hormon serotonin sendiri adalah hormon yang membantu mengendalikan mood. Apabila jumlahnya cukup, maka mood akan tetap stabil dan bahagia. Namun, apabila jumlahnya berkurang dan menurun, maka seseorang jadi cepat marah dan tersinggung.
Penelitian ini sebenarnya telah dilakukan setidaknya selama 10 tahun, dan perlahan satu per satu bahan yang dapat meringankan mood saat sedang haid ditemukan.
Adalah para peneliti di Universitas Massachusetts dan Harvard yang membuat kesimpulan atas hal ini. Mereka telah melibatkan banyak partisipan di dalam penelitiannya. Hasilnya, wanita diminta mengonsumsi setidaknya 20 mg zat besi untuk mengatasi mood swing pada masa haidnya.
Kebutuhan zat besi tersebut, dapat dicukupi dengan konsumsi brokoli sehari-hari.
Penelitian ini telah tercantum pada American Journal of Epidemiology, seperti dikutip dari IndiaTimes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar