Sabtu, 23 Februari 2013

Kecanggihan Alat Komunikasi


             Manusia berkomunikasi sejak ia dilahirkan Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tujuh puluh persen aktivitas manusia dalam satu hari adalah berkomunikasi. . Ia berkomunikasi di dalam kehidupannya dengan berbagai cara dan dengan siapa pun dan di mana pun. Manusia mulai berpikir bagaimana caranya agar ia tetap berkomunikasi dengan orang lain walaupun dipisahkan oleh jarak dan waktu. Oleh karena itu, manusia mulai berusaha untuk mencari solusi atas masalah ini. Seiring dengan berjalannya waktu, manusia pun mulai menemukan teknologi. Teknologi yang telah ditemukan kemudian digunakan untuk membantu manusia dalam berkomunikasi hingga lahirlah teknologi komunikasi.

Saat ini, kita hidup di dalam sebuah era revolusi komunikasi yang menyajikan banyak kecanggihan. Kecanggihan tersebut terwujud dalam alat-alat komunikasi yang telah diprediksikan oleh para ilmuwan pada masa lalu. Kecanggihan alat komunikasi tersebut juga bersifat evolusioner sehingga kecanggihan alat komunikasi yang kita rasakan dan gunakan saat ini merupakan perbaikan dan penyempurnaan dari alat-alat komunikasi yang terdahulu. Sebagai contoh, pada masa lalu, kita mengenal kaleng atau kentongan sebagai komunikasi. Kemudian, dilanjutkan dengan ditemukannya pager. Namun, karena pager dianggap belum mampu menjawab setiap permasalahan dan memuaskan kebutuhan, manusia mulai berusaha menemukan apa yang disebut dengan ponsel. Apabila dulu ponsel hanya sebatas alat untuk menerima telpon dan melakukan panggilan, ponsel saat ini telah beralih ke dalam banyak fungsi dan manfaat. Inilah yang disebut dengan teknologi komunikasi evolusioner.

           Perkembangan yang terjadi dalam bidang teknologi komunikasi semakin meningkatkan kelancaran manusia dalam berkomunikasi. Apabila sistem komunikasi berjalan dengan baik, informasi yang disampaikan kepada orang lain pun akan dapat diterima dengan baik pula. Informasi tersebut mengandung banyak pesan yang hendak disampaikan kepada persona atau publik. Informasi ini disampaikan melalui berbagai saluran komunikasi, antara lain satelit, telepon, internet, dan lai-lain. Di dalam sistem komunikasi seperti ini, aspek-aspek yang berada di dalamnya adalah source, transmitter, channel, dan receiver.

           Informasi yang disampaikan kepada khalayak akan membawa pengaruh yang besar bagi banyak individu juga struktur sosial. Ketika sebuah teknologi komunikasi tumbuh dan berkembang maka bentuk dan jenis informasi yang disampaikan pun akan berubah sesuai dengan kondisi masyarakat. Pada hakikatnya, ada kaitan antara teknologi, informasi, dan masyarakat. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, terdapat perbedaan dalam bidang ekonomi dan pendidikan dalam hal substansi informasi yang disampaikan kepada khalayak. Namun demikian, ada hal positif yang tidak dapat kita abaikan dari teknologi komunikasi, yaitu kemampuan sistem computer yang membantu seseorang yang memiliki kekurangan secara fisik agar dapat  berkomunikasi dengan baik. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa telah ada ketergantungan antara teknologi dan informasi dengan masyarakat.

         Perkembangan teknologi komunikasi juga telah mempercepat konvergensi teknologi dan berbagai aplikasinya. Sebagai contoh adalah video. Video merupakan salah satu bentuk dari teknologi yang merupakan gabungan dari hardware dan software yang sesuai dan mampu untuk membuat sebuah video. Hal ini juga banyak digunakan oleh para seniman yang mulai untuk berkreasi dengan memanfaatkan beragam bentuk teknologi komunikasi yang muncul.

           Sistem komunikasi kita menjadi lebih canggih dan dampaknya menjadi lebih luas lagi, terutama dalam memberikan pengaruh terhadap industri informasi dan komunikasi di dunia. Dalam era revolusi komunikasi saat ini, ada suatu standar yang harus digunakan dalam memajukan pertumbuhan teknologi dan industri komunikasi, antara lain adanya transducer, yaitu alat yang dapat mengubah suatu energi ke energi lain, seperti microphone dan speaker. Keduanya merupakan alat dari perpanjangan indra manusia, yaitu alat pendengar dan pengucap. Kemudian, dalam proses penyampaian infomasi juga dipengaruhi oleh adanya modulasi, bandwidth, dan noise. Modulasi ialah proses dimana suatu informasi dijadikan sebagai gelombang transmisi yang akan disampaikan setelah sinyal diterima, sebagai contoh ialah ketika kita mendengarkan siaran radio. Sedangkan, bandwidth berfungsi untuk memberitahukan ukuran dari frekuensi, juga kategori dan volume dari informasi dapat dibuat pada waktu yang telah ditentukan, misalnya sinyal dari siaran TV memiliki bandwidth yang lebih besar daripada radio. Lalu bagaimana dengan noise? Saat pertukaran informasi, noise bisa terjadi dan merusak sinyal sehingga informasi tidak sampai dengan sempurna.
Sebuah informasi disampaikan dalam bentuk sinyal. Dulu, sinyal ini dikenal dengan sebutan sinyal analog. Namun, saat ini lebih dikenal dengan sebutan sinyal digital. Dalam sistem teknologi komunikasi, gabungan dari keduanya sangatlah penting. Metode pengubahan sinyal analog menjadi digital dinamakan pulse code modulation (PCM). Jadi, ketika sinyal analog itu didigitalisasi, sinyal tersebut mengalami kodifikasi (pengkodean). Alat untuk mengubah analog menjadi digital itu dinamakan Analog to Digital Converter (ADC). Begitu juga sebaliknya, sinyal digital juga bisa kembali ke analog dengan menggunakan Digital to Analog Converter (DAC).
Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunaka sinyal pengiriman data secara digital bila dibandingkan dengan data analog, antara lain hanya diperlukan satu kali komodifikasi maka sinyal yang mengandung data tersebut akan diproses secara komputerisasi, sistem komunikasi digital juga dapat mendukung siaran yang lebih cepat dengan menggunakan jaringan yang dikenal dengan ISDN (Integrated Services Digital Network). Jaringan ini mampu menyediakan segala bentuk informasi dan komunikasi. Selain kedua keuntungan ini, ada keuntungan lain yang diperoleh, yakni efisiensi biaya juga mulai mengalami peningkatan. Teknologi terbukti membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih mudah dan murah. Bukan hanya keuntungan yang dapat kita lihat dari berkembangnya teknologi digital, melainkan juga ada beberapa kekurangan yang bisa dilihat, antara lain karena semakin banyaknya permintaan akan saluran informasi yang digital, output yang dihasilkan pun tidak selamanya 100% akurat dan kemungkinan untuk terjadinya sebuah kesalahan tetap ada.

           Biar bagaimana pun, saat ini teknologi memegang peranan yang sangat penting di dalam kehidupan manusia khususnya dalam bidang komunikasi. Setiap keuntungan dan kekurangan yang dimiliki oleh teknologi dapat memacu manusia untuk terus menemukan teknologi baru yang dapat memberikan pemenuhan akan kebutuhan komunikasi dan mengubah cara seseorang bahkan khalayak dalam berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar