Sabtu, 23 Februari 2013

Pesatnya Kecanggihan Teknologi Komunikasi


Dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, semuanya serba cepat, mudah dan hemat. seperti dunia telekomunikasi yang telah berkembang pesat dengan adanya alat canggih hanya untuk menyampaikan sebuah pesan suara, gambar, video, text maupun data, rasanya hanya sekejap mata, semua pesan sudah terkirim bahkan langsung dibalas oleh orang yang dituju.
Mengingat jaman dahulu kala sebelum adanya tower-tower BTS bermunculan, orang-orang saling berkirim pesan dengan burung merpati, ada juga yang melalui surat dan dikirim pak pos dengan mengendarai kuda, betapa lamanya menunggu kabar dengan cara seperti dulu.
         Kini telah kita rasakan sangat jauh sekali perbedaan itu. dengan adanya alat komunikasi yang makin canggih seperti radio, televisi, email, sms, panggilan suara ataupun video, internet melalui situs social network dan lain2, kita mampu berkomunikasi dengan sesama meski jaraknya ribuan mil dari tempat kita berpijak.
Melalui sarana tadi, sangat terasa sekali bahwa cepatnya komunikasi antar manusia dapat tercapai tanpa menunggu lama. Proses berkirim pesan text, suara, gambar, ataupun data dapat dilakukan dengan mudahnya hanya dengan sebuah telepon seluler dan biaya yang sangat murah sekali.
Semua itu tak lepas dari jasa-jasa para ilmuwan yang telah berhasil menemukan kecanggihan teknologi dengan segala kelebihan serta kekurangan mereka. Diantaranya adalah:
           - Guglielmo Marconi yang lahir pada 25 April 1874 di Bologna Itali, Merupakan penemu Radio pertama kali dan memiliki arti penting didunia telekomunikasi suara tanpa kabel. Ia mendapat hadiah Nobel pada tahun 1909 berkat jasanya.


             - Edwin Howard Armstrong yang lahir pada 18 desember 1890 di New York AS, setelah membaca buku telegraf karangan G. Marconi, Ia sangat kagum dan ingin menyempurnakan penemuan Radio Marconi. Ia berniat membuat Radio dengan suara yang lebih jernih terdengar dirumahnya. Ia kemudian dikenal sebagai penemu sirkuit dan radio FM pertama kali dan dianugerahi medali Franklin dan disebut sebagai Bapak Sirkuit.
            - John Logie Baird yang lahir pada 13 Agustus 1888 di Skotlandia, meski dirinya memiliki gangguan kesehatan, namun dirinya telah mampu berkonsentrasi pada temuan Guglielmo Marconi tentang gelombang radio elektromagnetik yang dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal audio. Ia yakin dengan proses yang sama, akan dapat mengirimkan sinyal visual pula dan ia mulai mendesain semua yang ada di pikirannya. Lalu terciptalah sebuah televisi yang dapat menerima pesan suara dan gambar.


- Martin Cooper yang lahir pada 26 desember 1928 di Chicago AS, merupakan pemimpin tim insinyur Motorola, yang juga penemu telepon seluler(handphone) pertama kali. Tak terbayangkan dibenak kita betapa jauh sekali perkembangan telepon seluler saat pertama kali ditemukan, bentuknya tidaklah semungil genggaman tangan seperti sekarang ini.


Dari semua itu, kita patut berterima kasih pada mereka yang telah berjasa bagi kita semua atas penemuan mereka yang mampu mengubah dunia telekomunikasi menjadi sangat cepat dan mudah. Lalu dimana kreatifitas kita? bisakah kita seperti mereka? atau malah kita mampu menyaingi mereka? Marilah merenung sejenak, ambil minum, ambil nafas, berfikir dan semoga semua pembaca mampu menemukan ide-ide jenius dan mengembangkannya hingga berguna bagi perkembangan dunia seperti mereka. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar